Singapore Airlines

September 13, 2007 at 5:22 am 8 comments

sia.jpg

Singapore Airlines yang sering disebut dengan kode SQ adalah salah satu leading carrier di dunia. Hal utama yang menunjang sebagai leader dalam penerbangan internasional adalah karena service excelent yang ditawarkan oleh Singapore Airlines. Pelayanan yang excelent menjadikan Singapore Airlines menjadi perusahaan penerbangan yang secara konsisten dari tahun ke tahun memperoleh keuntungan yang cukup besar ditengah banyaknya perusahaan penerbangan yang gulung tikar karena mengalami kerugian. Disamping itu, SQ juga selalu memperoleh penghargaan dalam berbagai bidang, misalnya kategori Best Airlines, Best Business Class, Best Cabin Crew Service, Best In Flight Food, Best for Punctuality and Safety, Best Air Cargo, Best for Business Traveller dan sebagainya, yang akhirnya SQ layak disebut sebagai Champion.

SQ menjadi jawara dalam hal pelayanan pada penerbangan internasional. SQ mempunyai perspektive manajemen tertentu dalam membangun SQ menjadi salah satu kampiun dalam dunia penerbangan internasional. SQ selalu menggunakan model normative dengan memanfaatkan hasil riset yang bagus untuk mengembangkan pelayanannya agar membuat cutomer mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan. SQ juga melakukan Strategi Fokus terhadap para customer. Para senior management SQ selalu sadar bahwa customer adalah segala-galanya dan berusaha menyenangkannya. Setiap kesempatan SQ selalu melakukan pengembangan karyawan untuk menunjang penciptaan service excelent, karena senior management SQ menyadari bahwa dengan karyawan yang bahagia tentu akan menghasilkan pekerjaan yang excelent.

            Belajar dari SQ, bahwa pelayanan excelent sangat membutuhkan pendekatan total mengenai pendekatan budaya yang sesuai customer untuk melayani karena customer SQ tidak hanya berasal dari Singapore tetapi berasal dari seluruh dunia. Pelayanan excelent juga membutuhkan pendekatan karyawan yang mengerti secara jelas mengenai pelayanan, oleh karena itu pada setiap kesempatan selalu dilakukan training pada karyawan, serta pengembangan sistem dan proses bisnis yang baik yang dijalankan secara konsisten.

            Selain itu, SQ juga melakukan benchmarking pada industri jasa yang sejenis guna dapat menciptakan pelayanan yang tidak saja memuaskan customer tetapi dapat menciptakan pelayanan yang melebihi ekspektasi customer atau service surprise. Dengan service surprise, SQ mendapatkan customer yang loyal yang pada akhirnya SQ memperoleh profit.

            Untuk di Indonesia sendiri, konsep pelayanan yang diberikan oleh SQ, sangat patut dicontoh oleh Airlines dalam negeri. Walaupun ditengah persaingan yang semakin kompetitif, Airlines dalam negeri harus mempunyai konsep menciptakan pelayanan yang dapat melebih ekspektasi penumpang Indonesia untuk nantinya dapat bisa memenangkan persaingan ketika pasar bebas dijalankan. Namun demikian sebagai suatu perusahaan penerbangan, yang bisa menciptakan pelayanan yang excelent, maskapai dalam negeri harus secara konsekuen untuk selalu mengutamakan safety bagi para penumpangnya.

Entry filed under: Airlines. Tags: .

Sekilas Mengenai CRM di Airlines

8 Comments Add your own

  • 1. Andika  |  September 13, 2007 at 7:57 am

    Singapore Airlines memang maskapai yang paling bagus di dunia. Pertanyaannya kenapa maskapai di Indonesia kondisinya parah banget sehingga sering terjadi kecelakaan? Bisakah pemerintah membuat regulasi agar para penumpang pesawat di indonesia terjamin keselamatannya? Trims.

    Reply
  • 2. Rizal  |  July 8, 2008 at 8:09 am

    SQ bisa maju pesat karena mereka tidak memiliki rute domestik, maka tentunya mereka bisa dengan cepat melakukan penetrasi pasar internasional.
    hal ini sangat susah ditiru maskapai kita, karena maskapai kita harus berjuang mati2an dulu di domestik, setelah punya modal, baru bisa masuk ke rute internasional.
    kecuali ada maskapai yang khusus hanya melayani rute internasional, hal ini akan memajukan dunia penerbangan indonesia.

    thx & regards
    Rizal

    Reply
  • 3. Wayan Budi  |  July 9, 2008 at 2:08 am

    Bisa iya dan bisa juga tidak, karena Garuda Airways tadinya terbang internasional, sekarang ini malah ikut-ikutan melayani domestik karena lebih menguntungkan bagi garuda terbang di domestik. Garuda kalah bersaing di tingkat internasional sedangkan service GA masih lebih bagus daripada maskapai domestik yg lain shg GA masih bis aunggul di domestik. Jadi sebenarnya faktor yang terpenting adalah bagimana pelayanannya, bagaimana produknya, manajemennya, dan tentu juga bagaimana marketingnya. Trims.

    Reply
  • 4. Rizal  |  July 9, 2008 at 3:21 am

    Garuda Indonesia dari awal sudah melayani rute domestik, sejak awal berdiri garuda sudah melayani rute domestik.. maskapai kita harus bisa menjadi market leader domestik dahulu, setelah itu dunia baru bisa percaya dengan kemampuan maskapai tersebut. namun jika belum ada prestasi dan pelayanan yang berkualitas di rute domestik, bagaimana dunia bisa mempercayakan maskapai kita melayani rute internasional. contohnya saja, jika kita tavel untuk rute domestik dengan Garuda Indonesia, ada something pride bagi penggunanya, karena memiliki kebanggaan. namun jika travel ke luar negeri, saya merasa kurang confident jika menggunakan Garuda Indonesia, saya akan lebih bangga naik SQ atau Thai.
    oleh karena itu wahai maskapai nasional, tolonglah perbaiki kualitas, agar nama bangsa kita menjadi harum kembali di dunia penerbangan..

    Reply
  • 5. DIAN  |  April 14, 2010 at 8:45 am

    Yaappz aku stju dgn comment smau yg diatas,, tunjikin dnk alw kita jg memiliki penerbagnan yg handal baik domestic or internasional,,,,, aku dsni sllu dukung pnrbngan indonesia,,, MAJUUU,,,,🙂

    Reply
  • 6. DR MANDANG MICHAEL  |  October 4, 2012 at 4:23 am

    di Nam FlyingSchool pangkal pinang ada indikasi korupsi,insiden pendidikan,accident pesawat,tindak pidana kekerasan bullying(human error cause overconfidance) disebabkan oleh instruktur terbang nam flyingschool pangkal pinang imam mahendra dan kepala sekolah nam flyingschool pangkal pinang bpk soenaryo melakukan tindakan curang,penipuan,pembohongan publik dan penyalahgunaan wewenang(penyakit power sindrom yang sangat membahayakan)tolong diusut tuntas pihak berwajib dan stakeholder serta masyarakat pada umumnya berjaga-jaga senantiasa demi keselamatan,keamanan,dan kemajuan sumber daya pilot di Indonesia. Terimakasih

    Mene’, mene’, Teke’l Ufarsin

    Reply
  • 7. SkyBlu Aviation News Blog  |  November 16, 2013 at 2:36 pm

    Sekarang Garuda Indonesia berada di peringkat 8 dari 10 besar. lumayanlah. Tapi tidak ada satupun bandara Indo yang masuk peringkat. too bad.

    topdrygel

    Reply
  • 8. harga tiket jakarta pontianak  |  April 21, 2014 at 4:42 am

    pengen nyoba nih airlines

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

September 2007
M T W T F S S
    Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Flickr Photos

La voie lactée

• A Storm At Sea For The Birds And Me •

Frozen lake

More Photos

%d bloggers like this: