Adam Air Stop Operasi

April 10, 2008 at 8:05 am 9 comments

Akibat persaingan di bisnis penerbangan di Indonesia yang sangat ketat, akhirnya berdasar seleksi alam, satu persatu maskapai berjatuhan. Setelah Bouraq stop operasi karena mengalami kebangkrutan, disusul Indonesia Airlines juga mengalami kebangkrutan, dan sekarang Adam Air pun tumbang karena ijinnya dicabut oleh pemerintah. Sebelum ijin dicabut, manajemen Adam Air dililit hutang akibat mundurnya konsorsium PT Global Transport Service yang terafiliasi Group PT Bhakti Investama yang memiliki 50% saham Adam Air. Konflik tersebut menyebabkan Adam Air berencana stop operasi sementara pada tanggal 21 Maret 2008. Namun pada tanggal 18 Maret 2008 pemerintah mengumumkan melalui Departemen Perhubungan mencabut specification operation maskapai Adam Air mulai Rabu, pada pukul 00.00 tanggal 19 maret 2008. Dengan demikian, Adam yang memegang AOC (Air Operator Certificate) 121-036 itu dilarang melakukan pengoperasian pesawat udara sejak pencabutan ijin terbang tersebut. Keputusan tertuang dalam surat bernomor AU/1724/DSKU/0862/2008. Sedangkan AOC (Aircraft Operator Certificate)nya juga terancam dicabut apabila dalam 3 bulan mendatang tidak ada perbaikan.

Keputusan terhadap Adam Air itu merupakan hasil audit aspek keselamatan maskapai triwulanan. Dari hasil audit, DEPHUB menyatakan bahwa Adam Air melakukan penyimpangan dalam pengoperasian yang berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan. Penyimpangan yang dilakukan Adam meliputi aspek pengoperasian dan perawatan pesawat serta pelatihan sumber daya manusia. Dimana dijelaskan bahwa, pengoperasian pesawat tidak berjalan sesuai Company Operation Manual, pelatihan SDM tidak sesuai Company Training Manual, dan perawatan pesawat tidak sesuai Company Maintenance Manual, serta penggunaan suku cadang yang tidak memiliki dokumen laik terbang.

Adam air dimiliki oleh PT. Adam SkyConnection Airlines), yaitu sebuah maskapai penerbangan yang pengoperasiannya menggunakan konsep LCC (Low Cost Carrier) dimana model bisnis penerbangan yang menyediakan harga tiket yang terjangkau serta layanan terbang yang minimalis. Intinya produk yang ditawarkan senantiasa berprinsip low cost untuk menekan dan mereduksi operasional cost sehingga bisa menjaring segmen pasar bawah yang lebih luas.

Adam Air mulai beroperasi pada 19 Desember 2003 dengan penerbangan perdana dari Jakarta ke Balikpapan. Maskapai penerbangan ini didirikan oleh Sandra Ang dan Agung Laksono, yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPR. Pada awal beroperasi, Adam Air menggunakan dua Boeing 737-400 sewaan yang telah berusia lebih dari 15 tahun. Dalam perjalanannya Adam Air sempat mempunyai 22 Pesawat Jet Boeing. Pesawat yang dimilik 4 Boeing 737-200, 5 Boeing 737-300, 12 Boeing 737-400, dan 1 Boeing 737-500. Adam Air menerbangi tujuan 21 kota di Indonesia dan regional Asean Untuk rute internasional, Adam Air melayani penerbangan ke Singapura dan Penang (Malaysia).

Rentetan peristiwa yang di alami Adam Air sebelum ijin terbangnya dicabut pemerintah ;

  • Pada tanggal 11 Februari 2006, Adam Air dengan nomor Penerbangan 782, Boeing 737-300, PK-KKE BH-782, Jakarta-Makassar, kehilangan arah dan mendarat di Bandara Tambolaka, NTT. Pesawat membawa 146 penumpang dan 6 awak pesawat. Walaupun tidak ada korban jiwa namun terjadi kesalahan fatal dimana pesawat terbang lagi sebelum dilakukan investivigasi oleh KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dan pesawat tidak mempunyai ijin terbang dari Tambolaka. Seharusnya dengan kejadian ini pun pemerintah sudah harus mencabut ijin terbang Adam Air.
  • Pada tanggal 11 Agustus 2006, pegawai yang berlisensi FOO (Flight Operation Officer) melakukan pemogokan karena lingkungan kerja yang sudah tidak kondusif serta konflik yang sering terjadi dengan manajemen. Kejadian tersebut berakhir dengan dipecatnya 33 pegawai FOO.
  • Pada tanggal 9 November 2006, Adam Air menerima penghargaan Award of Merit dalam the Category Low Cost Airline of the Year 2006 dalam acara 3rd Annual Asia Pacific and Middle East Aviation Outlook Summit di Singapura.
  • Pada tanggal 1 Januari 2007, Adam Air dengan nomor Penerbangan 574, DHI-574, Boeing 737-400 dengan registrasi PK-KKW Jakarta-Manado via Surabaya yang membawa 96 penumpang dan 6 awak pesawat, hilang di perairan Majene, Sulawesi Barat. Pesawat hancur berkeping-keping setelah hilang kendali dan akhirnya jatuh  ke laut, hanya sebagian kecil bagian pesawat yang dapat ditemukan. Sebanyak 102 penumpang dan awak pesawat tidak ditemukan. Penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS), dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat, namun kemudian diumumkan karena rusaknya alat navigasi dan kelalaian pilot yang terlalu serius memperbaiki alat navigasi tanpa menyadari terjadinya kemiringan pesawat yang berakibat fatal menabrak laut.
  • Pada tanggal 7 Januari 2007, 16 pilot Adam Air mengundurkan diri karena mereka menilai buruknya standar keamanan dan sistem navigasi di pesawat-pesawat yang dinilai berkualitas jelek. Adam Air kemudian menuntut balik semua pilot ini karena kontrak kerja mereka belum habis dan menyalahi kontrak kerja.
  • Pada tanggal 18 Januari 2007, Manajemen Adam Air mengumumkan akan mengganti seluruh armada Boeing-nya dengan pesawat Air Bus A320 pada tahun 2008.
  • Pada tanggal 21 Februari 2007, Adam Air dengan nomor Penerbangan KI 172, PK-KKV,  Boeing 737-33A Jakarta-Surabaya tergelincir di Bandara Juanda, Surabaya. Badan pesawat melengkung namun semua penumpang selamat. Atas peristiwa ini, Departemen Perhubungan Republik Indonesia memerintahkan untuk menghentikan untuk sementara pengoperasian tujuh pesawat Boeing 737-300 milik Adam Air.
  • Pada tanggal 6 Maret 2007, pesawat Adam Air gagal lepas landas dari Bandara Juanda karena roda depan rusak.
  • Pada tanggal 22 Maret 2007, pemerintah membuat pemeringkatan atas maskapai-maskapai dan Adam Air berada di peringkat III yang berarti hanya memenuhi syarat minimal keselamatan dan masih ada beberapa persyaratan yang belum dilaksanakan dan berpotensi mengurangi tingkat keselamatan penerbangan. Akibatnya Adam Air mendapat sanksi administratif yang akan direview kembali setiap 3 bulan. Bila tidak ada perbaikan kinerja, maka Air Operator Certificate dapat dibekukan.
  • Pada tanggal 8 April 2007, Pesawat Adam Air tujuan Lampung Jakarta melakukan RTB (Return To Base) setelah terbang selama 10 menit karena tidak berfungsinya system hidrolik pesawat.
  • Pada April 2007, PT. Bhakti Investama melalui anak perusahaannya Global Air Transport membeli 50% saham Adam Air dari keluarga Sandra Ang dan Adam Suherman.
  • Pada tanggal 9 Juni 2007, pesawat Adam Air jurusan Surabaya-Jakarta kembali ke landasan setelah mengudara selama 20 menit karena mengalami gangguan tekanan udara kabin.
  • Pada tanggal 24 November 2007, pesawat Adam Air jurusan Jakarta-Medan mengalami pecah ban.
  • Pada tanggal 10 Maret 2008, pesawat Adam Air KI-292 Boeing 737-400 jurusan Jakarta-Batam tergelincir di landasan Bandar Udara Hang Nadim, Batam. Roda pendaratan pesawat patah setelah menghantam keras landasan bandara, sehingga menyebabkan pesawat keluar dari landasan sejauh 75 meter, dan mengalami kerusakan pada salah satu bagian sayapnya. Sebanyak 171 orang penumpang dan 6 awak pesawat selamat. Penyebab kecelakaan diduga akibat cuaca buruk.
  • Pada tanggal 14 Maret 2008 Global Air Transport menarik seluruh sahamnya karena merasa Adam Air tidak melakukan perbaikan tingkat keselamatan serta tiadanya transparansi
  • Pada tanggal 17 Maret 2008, Kegiatan operasional Adam Air kemudian dihentikan karena manajemen tidak mampu membayar sewa pesawat dan pengoperasiannya akan dilanjutkan jika ada investor baru yang bersedia menalangi 50 persen saham yang ditarik Bhakti Investama tersebut.
  • Pada tanggal 18 Maret 2008, izin terbang atau Operation Specification Adam Air dicabut Departemen Perhubungan melalui surat bernomor AU/1724/DSKU/0862/2008. Isinya menyatakan bahwa Adam Air tidak diizinkan lagi menerbangkan pesawatnya berlaku efektif mulai pukul 00.00 tanggal 19 Maret 2008.

 

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Kecelakaan Pesawat Sistem Informasi Manajemen Transportasi Udara

9 Comments Add your own

  • 1. Tunjuk  |  April 22, 2008 at 8:42 am

    jadi ngeri klo bacanya, gak ah naik pesawat…

    Reply
  • 2. Ibas Bali  |  April 22, 2008 at 8:44 am

    waduh benar juga tuhhh

    Reply
  • 3. tomo  |  April 22, 2008 at 4:00 pm

    salam..
    Moga2 penerbangan kita makin baik ya…:)
    Oya..setahu saya teman2 teater angin blom bikin blog..tapi ada beberapa alumnus yang sudah bikin blog pribadi misalnya dadapsblog.blogspot.com (alumnus Angin’ 02)
    salam..

    Reply
  • 4. Elys Welt  |  April 25, 2008 at 11:57 am

    ngeriiii …

    Reply
  • 5. dadap  |  April 29, 2008 at 5:54 am

    silahkan…
    aku ud posting berita angin terbaru…

    salam,
    dadapsblog.blogspot.com

    Reply
  • 6. Prasetiawan  |  May 21, 2008 at 6:29 am

    slam kenal bos…

    Kalo baca cerita diatas, wah kayaknya mesti pikir beberapa kali yah kalo mau naik pesawat… apalagi Adam Air. Untung udah ga operasi lagi..

    Reply
  • 7. cherry  |  August 6, 2008 at 2:57 pm

    pihak adam air,mana ganti rugi tiket yg sdh dibl?familyku bl pas rombngan mau ke bali,ada 11 org dgn tkt pp.gara2 tdk terbang,rugi ditkt,rugi disewa htl,krn sdh booking,hrs byr sewa 1 mlm.sewanya 5kamar lg.mana tangung jawabmu.

    Reply
  • 8. angels  |  July 30, 2009 at 6:50 am

    susah kalo manajemen maunya untung gede dengan biaya kecil….inilah hasil dari manajemen yang korup, serakah dan tidak memikirkan keadaan orang lain. ko bisa ya, pesawat celaka jadi rutinitas bulanan….bukan karyawannya yang bego tapi ekeskutifnya yang kepala batu.

    Reply
  • 9. soldier  |  December 30, 2014 at 4:04 pm

    saya pernah sekali naek adam air CGK-SRG skitar tahun 2006

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

April 2008
M T W T F S S
« Mar   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Flickr Photos

La voie lactée

• A Storm At Sea For The Birds And Me •

Frozen lake

More Photos

%d bloggers like this: