Marketing mix pada bisnis penerbangan

March 31, 2009 at 5:17 am 14 comments

Bisnis jasa pada dasarnya merupakan suatu bisnis yang tidak berwujud, yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu bisnis jasa adalah bisnis penerbangan. Komponen utama bisnis penerbangan adalah maskapai penerbangan atau airlines. Maskapai penerbangan adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Perusahaan maskapai tersebut menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa transportasi. Airlines juga dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya unutk memperkuat cakupan jalur penerbangannya melalui konsep hub dan spoke.

Dalam bisnis jasa terdapat 7 komponen marketing mix atau sering disebut dengan istilah bauran pemasaran. Kotler (2000) berpendapat bahwa bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan dalam pasar sasaran. Pada umumnya, dalam pemasaran terdapat empat prinsip dasar bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri 4 P, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Sedangkan dalam pemasaran layanan jasa dikenal dengan sebutan 7 P, di mana 3 P berikutnya adalah proses (process), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence).

Tujuh bauran pemasaran pada bisnis jasa penerbangan dijelaskan sebagai berikut;

Product (Produk) yaitu merupakan barang atau jasa yang dihasilkan untuk digunakan oleh konsumen guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasannya. Hal-hal yang tergolong produk dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pesawat yang besar dan moderen, Mengutamakan keselamatan penerbangan, Makanan dan snack yang berkualitas, Pelayanan bagasi yang handal dan terpercaya, Tempat duduk di dalam pesawat yang nyaman dan tidak sempit, Pilihan jadual penerbangan, Program Frequent Flyer yang menarik;

Price (Harga). Komponen harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (produk, saluran distribusi, dan promosi) adalah penyebab timbulnya cost/biaya. Hal-hal yang tergolong sebagai saluran distribusi dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Harga yang murah, Tarif batas atas, Tarif batas bawah, Harga yang sesuai kualitas penerbangan, Harga murah tetapi dengan pelayanan minim, Paket potongan /diskon harga; Harga Group,

Place (Tempat atau Saluran Distribusi). Peranan saluran distribusi adalah sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah penyampaian barang dan jasa dari perusahaan ke konsumen. Hal-hal yang tergolong sebagai saluran distribusi dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pemesanan tiket yang mudah melalui call center, Kemudahan online booking (Web/SMS), Kemudahan menjangkau Agen/Kantor Penjualan, Kemudahan dalam pembayaran E-ticketing;

Promotion (Promosi), yaitu Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Hal-hal yang tergolong sebagai promosi dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pemberian kemudahan fasilitas pada Frequent Flyer; Kemudahan akan informasi penerbangan/iklan yang ditampilkan, Adanya undian berhadiah dalam penerbangan, Adanya iklan di TV.

People (Orang), maksudnya adalah jasa sebagian besar diberikan oleh orang, sehingga seleksi, pelatihan dan motivasi pegawai dapat membuat perbedaan besar dalam kepuasan pelanggan. Idealnya, pegawai harus memperhatikan kompetensi, sikap memperhatikan, responsif, inisiatif, kemampuan memecahkan masalah dan niat baik. Hal-hal yang tergolong sebagai People dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Sikap karyawan penjualan yang ramah, Sikap karyawan yang profesional, Asistensi petugas sebelum keberangkatan, Tanggapan karyawan terhadap keluhan; Keramahan pilot dan pramugari.

Physical Evidence, Kualitas jasa dapat ditunjukkan melalui bukti fisik dan penyajian. Jadi suatu bisnis penerbangan akan mengembangkan suatu penampilan dan gaya yang dapat diamati dalam menangani pelanggannya, sehingga dapat menyampaikan nilai yang diharapkan bagi konsumen, baik itu kebersihan, kecepatan atau manfaat lainnya. Hal-hal yang tergolong sebagai Physical Evidence dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Kantor perwakilan yang bersih dan nyaman, Agen penjualan yang bersih dan nyaman, Pesawat yang bersih dan indah, Logo perusahaan yang menarik;

Proces (Proses) merupakan sistem organisasi adalah elemen yang tidak terlihat tetapi mendukung bisnis jasa tersebut. Hal-hal yang tergolong sebagai Proses dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Proses check-in dan boarding yang mudah, Jadual keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, Proses pengambilan bagasi yang cepat.

Entry filed under: Artikel. Tags: .

Komponen Harga Tiket Pesawat

14 Comments Add your own

  • 1. winda  |  October 24, 2010 at 7:51 am

    Mw tny harga tiket dari bengkulu ke jakarta tgl 19 nov 2010, harganya brp!!! Utk 5 org… Makasih

    Reply
    • 2. Anonymous  |  November 14, 2014 at 6:09 am

      cari aja mba di internet, kan semuanya dh tertera
      perorangnya berapa

      Reply
  • 3. lissa  |  April 22, 2011 at 11:32 am

    mau tanya, atribut-atribut berdasarkan marketing mix yg telah dijelaskan apa ada sumbernya? artikelnya ini membantu saya dalam mengerjakan tugas akhir, terima kasih🙂
    Best Regards.

    Reply
    • 4. Anonymous  |  November 19, 2015 at 4:20 pm

      Ini hanya pendapat saya saja, berdasarkan pengamatan yg dapat saya lihat. Tentunya untuk konsep dasar marketing Mix diperoleh dari buku Kotler.

      Reply
  • 5. Anonymous  |  August 26, 2011 at 6:57 pm

    Selamat malam, bolehkah saya bertemu dengan Bapak, karena ada banyak hal yang saya ingin tanyakan. Bila Bapak berkenan tolong email saya ke sinthajkt@yahoo.com. Saya tunggu informasinya. Terimakasih banyak

    Regarts

    Reply
  • 6. eta-story  |  December 8, 2011 at 2:04 pm

    selamat malam..
    bisa dijelaskan saluran distribusi apa saja yg digunakan dalam perusahaan penerbangan?
    trimakasih🙂

    Reply
    • 7. Budi  |  November 19, 2015 at 4:25 pm

      Saluran distribusi yg digunakan dlm perusahaan penerbangan, umumnya melalui penjualan langsung dan Travel Agent, tetapi seiring waktu, saat ini saluran distribusi bertambah melalui website dgn penjualan online dengan internet.

      Reply
  • 8. sudiarta  |  December 7, 2012 at 3:25 am

    gimana mata rantai saluran distribusi pemesanan tiketnya? tolong kasi te

    Reply
  • 9. cara membuat ~ how to make  |  August 25, 2014 at 6:10 pm

    artikel resep membuat wirausaha jual pasar online
    information recipe make business trade market online

    kamu bisa mendapatkan sesuatu bernilai
    you can be get something value

    kamu dapat memperoleh bermanfaat
    you could have something worth

    belajarlah dari hal yang sederhana
    learn of things simple that we can be get value
    beneficial

    jadikan harimu bermanfaat untuk orang terdekatmu
    made your activities helpful to other people

    kita dapat mendapatkan impianmu
    we could chas dreams

    buatlah kamu berguna untuk sesama bangsa
    make you are useful community nation

    kesuksesan kita ada di depan mata
    our success there hands

    jadi dapatkan mimpimu
    so chase dream

    salam sukses luar biasa
    greetings tremendous success

    maju bersama kita
    forward with us
    http://minyakangin-naishcare.com/minyak-angin-naishcare-lemon.html

    Reply
  • 10. jual granit murah jakarta  |  November 25, 2014 at 3:00 am

    My partner and I stumbled over here coming from a different website and
    thought I might as well check things out. I like what I see so now i am following you.
    Look forward to finding out about your web page repeatedly.

    Reply
  • 11. axelflightshop  |  December 12, 2014 at 7:45 am

    bisnis penerbangan sudah menjadi bisnis menjanjikan di era globalisasi sekarang ini dimana transportasi lintas batas negara sudah jd kebutuhan d jaman serba modern

    http://www.axelflightshop.com
    jual aksesoris penerbangan seperti miniatur pesawat dll.

    Reply
  • 12. promosi  |  June 11, 2015 at 5:10 pm

    Thanks for sharing your nice site.

    Reply
  • 13. Desty  |  June 7, 2016 at 11:28 am

    Mau tanya ini sumbernya dari buku apa ya? saya sedang skripsi akan mencantumkan ini namun harus ada sumber bukunya. Terimakasih🙂

    Reply
    • 14. wayanbudi  |  September 23, 2016 at 4:39 am

      Sumber referensi utamanya adalah Buku karangan Kotler, dan artikel diatas, adalah pengembangan penulis mengenai marketing mix didunia penerbangan. Sampai saat ini, saya belum membaca buku mengenai pembahasan hal ini, maka saya tulis dalam blog ini. Terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

March 2009
M T W T F S S
« Dec    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Flickr Photos

La voie lactée

• A Storm At Sea For The Birds And Me •

Frozen lake

More Photos

%d bloggers like this: